Tuesday, 26 July 2011

docmart, babe!



Oke, ada yang pernah denger nama ini sebelumnya? Dr. Martens, DocMart, DocMartens, Dr. Mart, whatever. Ayo ngomongin soal sejarah si sepatu berharga kisaran 1 - 5 jutaan ini dulu.
Dr Klaus Marten adalah seorang dokter tentara Jerman di era perang dunia II. Pada tahun 1945, ia mengalami cedera kaki. Ia kemudian memodifikasi sepatu boot-nya dengan lapisan kulit dan bantalan udara yg empuk. (just fyi, empuk sih empuk, tapi berat oi! Asli!) Setelah perang berakhir, dengan bekal pengalaman ini sang dokter mencoba menjual inovasinya. Ia mulai menjalankan sebuah perusahaan sepatu rumahan skala kecil di Jerman dengan bantuan seorang teman lamanya sewaktu kuliah.


DocMart Invasion: Dari London, menyeberang Eropa dan menduduki Dunia

Pada tahun 1960, sebuah perusahaan bernama Griggs Group membeli lisensi sepatu untuk dipasarkan di Inggris /UK. Perusahaan ini melakukan sedikit perbaikan dalam desainnya, membuat ciri khas berupa jahitan sol sepatu dengan benang warna kuning, dan melabeli sol dengan nama trade mark ‘Airwair’, lalu mulai memproduksi sepatu boot ini. Disinilah titik penting dalam sejarah sepatu sang dokter: Boot klasik Docmart-1490 untuk pertama kalinya menginjak pasar London.




Boot warna merah cherry yang desainnya nyaman dan praktis ini tenyata disukai oleh kalangan kelas pekerja (Boot pekerja men, udah baca kan? Boot pe-ker-ja! *sorry, this one is for you GAULers :p sori, kesel aja kalo banyak orang ikut-ikutan pake docmart dan berubah snob gara-gara itu. fashion nowadays berubah menjadi ajang show off kekayaan (ortu) masing-masing ckckck) Banyak sekali buruh pabrik, tukang pos, bahkan petugas polisi memakainya saat bertugas. Image sebagai sepatu milik common-people pun terbentuk secara alami.



Dan sepertinya, image itulah yg kemudian merebut perhatian anak muda dari kalangan sub-kultur punk. Pada akhir tahun 60-an, sepatu sang dokter ini banyak digunakan oleh komunitas skinhead Inggris dan genk-genk di jalanan.... Mereka punya kebiasan aneh, yaitu menyemir boot merah Docmart dengan semir warna hitam sampai warnanya jadi merah gelap dan mengkilap seperti kelereng/ gundu.



Lalu pada tahun 70-an sepatu ini makin populer karena banyak artis Punk Rock, Ska, Psychobillies, Goths, Industrialis, hardcore, straight-edge, Glam, bahkan New Wave yang memakainya. Dengan bantuan musisi-musisi itu, long-march yg dilakukan Docmart dari kota London menyebar ke seluruh dataran Inggris dan Eropa, lalu ke menginvasi dunia.



 Puncaknya di tahun 1900-an, sepatu Docmart berkembang menjadi trend yang menjangkiti semua orang, bukan hanya sub-kultur Punk saja. Ia menjadi industri besar. Alhasil, sebagian komunitas Skinhead sejati yang identik dengan spirit anti kemapanan dan anti kapitalisme mulai mempertanyakan brand sang dokter. Sebagian dari mereka mulai beralih ke merk pesaing Docmart, seperti Grinder, Ranger, Gripfast, dsb.

Tapi boot sang dokter terlanjur mencetak jejak solnya di wajah sejarah dunia. Docmart adalah sepatu yang menjadi legenda di dunia fashion anak muda. Ibaratnya ia seperti anthem yang pernah dinyanyikan oleh anak muda di seluruh dunia.. jauh sebelum era MTV, iTunes, Youtube dan Myspace.


Oke, Dr. Marten ini sekarang udah bejibun banget modelnya, ada sandal dan baju juga malah, tapi saya mau fokus sama bootnya aja. yang lagi hip banget itu desain floralnya *yeah, secara motif floral lagi ngetren banget.. helo? siapa yang dulu ngejekin itu motif emak emak? -___-* dari bahannya sendiri punya tekstur beda-beda. lumayan masuk akal sebenernya kalo ada yang cinta banget sama sepatu-sepatu ini sampe ngoleksi, tapi harganya itu lho.. duh. dan berat pula, waktu ditali pun butuh tenaga ekstra karena kulitnya dari kualitas bagus dan tebal. bukan jenis sepatu yang nyaman dilepas pake.

 *created this in polyvore, sorry this is kinda messy, it's late now here .__.* but i gotta admit, they're pretty nice aint they?


gue cuma punya satu sih, sebenernya gue pengen beli yang floral atau cotton candy. tapi biarpun lucu, itu terlalu.. common. temen gue yang punya dr. marten rata-rata punya yang tipe itu. sepatu ini dibeliin ortu *makasih ayah mama :) :* dan ternyata ini masuk yang limited edition. kenapa? solnya itu sodara-sodara. warnanya putih bersih. sol karetnya DocMart biasanya warna karet kuning sangat butek cenderung cokelat. punya saya itu setipe sama sepatu warna ungu di gambar kompilasi :3


tambahaan,,


lagi hip banget, tapi beratnya itu lhoo buset dah kaya ulekan sambel -,-

Hello there, Kitty!

Limited Lace Edition
serius. nggak boong. sumpah. naksir ..
TAPI KENAPA KAMU HARUS WARNA PINK?? .____.
well, i dont hate pink, but i dont love pink either.  and, i already got my sassy pink DocMart, remember? 


btw, kenapa sih kesambet bikin post ini? tumben? jadi cewek sekarang lo ven?
gue emang cewek .___.
sederhana, karena saya cinta sepatu. terutama sneakers, sepatu kanvas, Dr. Marten boots ini masih agak termasuk karena bertali. dan yang bikin saya lumayan amused sama sepatu ini adalah, dia bisa dibuat acara kasual dan formal. t-shirt, jeans and  hell yes, your boot will be stunning and stands out. put it with a dress, and you gotta be a huge attention stealer in a party.
someday i'll post some of my shoes and why i love them, i guess :p
dan, sekedar info, saya bukan penggemar stiletto :3

13 comments:

Yanuar Kurniawan said...

waoooowww complit banggeett nih infonya .. seketika jadi pengen jualan sepatu ... nice posting ... salam venus sejahtera (llhhoo ...? )

pinklestar said...

aku suka banget sepatu model kayak giniiii >.<

aaaa... sayang di kotaku jarang banget ada sepatu bagus T.T huhuhuhu susah nyarinya

Feby Oktarista Andriawan said...

Modelnya keren2 ya, sayang gue bukan cewek.. :D

Venus Aretha said...

docmart ada buat cowoknya bung hehe, tapi waktu gue liat liat kerenan kalo cewe yang pake. padahal boyish ya? haha tapi emang gitu.

Dokter Gigi Gaul said...

sepatu DocMart gw warna ungu [secara teknis bukan sepatu gua, karena itu warisan dari kakak gw dan akhirnya sukses diwariskan ke adik gw] dulu makenya berasa jumawa, sekarang, gak dipake lagi [soalnya ukuran kaki dah nambah jadi 44 sekarang]
Dulu harganya masih 450 rebu.tapi jamannya alm Pak Harto..
tapi keren juga yang sol-nya warna putih, soalnya yang gua solnya warna kunig tua butek tu..

Venus Aretha said...

whoa kewl, sekarang kekecilan dok? warisin ke gue aja ngga papa :p 36 tapi ukuran kaki gue -___-
tapi harganya 450k buat ukuran zaman segitu ya termasuk mahal bukan ya?

Asa Laily F Huda said...

Aaaaaak Venuuus punya DocMart envy deeeeh. Dari dulu pengen beli tapi disuruh beli pake duit sendiri hahaha.

Ladida said...

wah sepatunya mengalamai banyak perjalanan dan terus berkembang modelnya hohohooo, tapi keren yah inovasinya, yg bermula utk kenyamanan kakinya sendiri skrg malah jadi mode di hampir semua negara ada, hohooo, saluuut

aldilafiramdania said...

gorgeous!!! i'm starting to following your blog :D btw km beli dimana? harganya berapaan?

http://aldilafiramdania.blogspot.com/
xX
Fira

dara.antares said...

envy to the max! aaaaaa :o

yopimemangy@hud said...

wowww...kelen...kelen...penggila dr. mart jg yah...diriqu jugak bikin post yang sama...visit yah...yopimemangyahud.blogspot.com

HELLOYON said...

drdulu ngidam sama bootsnya docmart, apadaya harganya ...ah sudahlah :)) how lucky. ibu ayahnya baik sekali yax)

Anonymous said...

keren euy dm nya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...