Monday 28 March 2011

a journey (part 1)

huah, sebelumnya saya sudah memutuskan saya akan menjadikan blog ini tempat sampah saja. jadi nggak bakal bisa disearch. sehubungan juga dengan masalah saya dengan beberapa orang akhir-akhir ini pula --"
walaupun mungkin bakal ngepost sesuatu yang bermutu atau apa, tapi yah, mungkin dikit banget.

eh eh eh aku habis ujian lhooooo, a. bloody. hell. 10. chapter. of. marketing. test.
soalnya emang gila-gila, ndewo, bikin tangan keriting saking sadisnya, tapi aku bisa semua haha untunglah sempet rajin beberapa hari ini.
dan besok kamis ada ujian cs sementara saya belum belajar sama sekali -- blame somebody who invented internet! :9

anyway, entah kenapa akhir-akhir ini banyak peristiwa yang bikin aku keinget 'kehidupan novelku' :)) semua-muanya, mulai dari empat tahun lalu sampai peristiwa-peristiwa bulan-bulan ini.
ngomongin soal itu, tiap aku online twitter aku engga pernah lagi liat tweets nya anak itu lagi, apa waktu olnya yang beda juga gatau deh, kadang tergoda liat profilnya, tapi aku udah janji juga .___. penasaran apa anak itu masih kesel, apa anak itu masih suka sama dia. tapi yaudahlah veeen, sekali lagi, itu hak anak itu kan.

(berhubung saya lagi mood, post ini akan menjadi sangaaaat panjang :D)

aku masih inget banget waktu kelas satu dan aku liat dia. percaya nggak percaya aja, aku langsung suka. *aa malu* yaa bukan suka laah, tertarik, lagian emang dia pas satu smp charming abis sih :p pernah punya fans sampe 34 gitu :)) tapi sayangnya dia belum pake bed waktu itu, jadi aku nggak tau namanya. jarang ketemu pula, kadang liat dari jauh doang. maklumlaaah saya dari sekolah alhikmah tercinta gitu lho, cowok ceweknya dipisahkan lapangan bola hahah. tapi, waktu itu aku juga lagi 'tertarik' sama orang lain. namanya, sebut aja Unknown. hampir separuh temen sekelasku suka, ngefans, naksir, atau bahkan sekedar nganggep si Unknown ini cakep dan qualified banget dijadiin cowok. aku nggaktau dia yang mana dan nggak pernah minat nyari tau, taaapi entah gimana ceritanyaaaa aku digosipin sama dia --" cuma gara gara (katanya) aku punya sifat kayak mantannya (yang di akhir kuketahui ternyata tidak sama sekali :o) lucunya, temen sebangkuku suka banget sama Unknown dan tiap aku digodain (nilai kita banyak yang samaan) atau apapunlah dan anak anak noleh sambil senyum nggak jelas ke meja kita, dia nyangkanya dia yang dijodoh-jodohin itu --" hahaha how i miss 7th grade.

seiring berjalannya waktu *apaansih* ternyata si Unknown dan dia itu orang yang sama! God, waktu pertama kali tau itu, *nonton + diskusi film Forrest Gump di Ubaya sama diplomatnya US, pertama kalinya kita kenal, aku gabakal pernah lupa* rasanya bener-bener, whoa, novel banget. kita juga pertama kali smsan akhirnya, ngomongin Bukittinggi -nggakjelasabis-

hmm, aku kira selesai disitu tapi ternyata nggak, waktu masuk OSIS dan jadi sering ketemu, sering kontak, akhirnya kita temenan baik. sahabatan. did i mention how hard it is to him being friends with girls? sangat. susah. banget. menurut rumor yang beredar *bahasaguehariinikenapaa* mamanya sensi banget sama cewek, curigaan, dan yaah itu ada hubungannya juga sih sama kejadian dia pas unas. nilainya turun gara-gara dia pacaran, padahal aslinya tuh anak pinternya banget banget. tapi ternyataaa mamanya itu sayang banget sama aku (lebih daripada sayang sama dia kayaknya HAHA)  mungkin karena selama ini anak-anak, termasuk fansnya yang nyampe belasan puluhan itu --, takut mau salim ato sekedar nganggukin kepala -nyapa- kalo ketemu mamanya. aku? orang aku nggaktau itu tante siapa, yang aku tau tante itu sering ke sekolah, ya salimin aja nggakpake mikir. kadang ngobrol juga sih. dan, ini dia sendiri lho yang bilang, mamanya jadi terbuka dan ngizinin dia temenan sama cewek. buktinya dia bisa kan sahabatan sama aku tanpa unsur 'ehem' sama sekali? *yaah si tante nggak tau aja dulu aku suka banget sama anaknya :)) tapi aku pinter akting dong yaa :>

dan, kita sahabatan. dan, nggak jarang juga ada anak yang bilang terus terang kalo suka sama dia dan pengen dikenalin. itulah yang aku itungin dan selama 3 tahun itu total 34 anak pernah suka sama dia. gila kan --" biasanya aku respon biasa aja. tapi yang satu itu beda.
sangat berbeda.

anaknya cantik, baik, pinter, sopan, tajir luar biasa, rendah hati, punya sense of fashion yang bener bener bagus, jilbaban, dan suka sama dia.
pikirku, kurang apa juga kan, gila anak hampir sempurna tau. lagian dia juga pernah nanyain cewek itu sekali gara-gara cewek itu ngalahin nilai matnya dia.
sebut aja cewek itu Ice.

apa aku suka sama dia? ya. dan apa aku akhirnya tetep nyomblangin mereka berdua? ya, bisa dibilang begitu. walaupun toh akhirnya mereka deketnya waktu sc.
waktu itu aku masih kecil, dua smp itu bagiku masih kecil ya --, jujur aja aku cuma tau suka sama seseorang itu ya sebatas begitu aja. cuma agak sedih karena dia akhirnya smsan nggak cuma sama aku, tapi sama Ice dan adeknya juga.
sampai hari itu.

Ice cerita dengan detail kalo akhirnya dia bilang dia suka Ice. aku nggak inget detailnya karena aku memang pengen ngelupain. aku cuma inget kalimat terakhir Ice di telpon plus nada suaranya,"Yaa dia bilang di akhiiir banget, "kamu." aku tuh, yaampun, nggak tau nggakjelas, udah dulu ya non hehehe." klik.

it was just.. duh, udahlah skip aja, nginget-nginget hal kayak gitu buat seseorang dengan imajinasi setinggi dan sejelas aku, bisa sampe nangis coba haha.

itu belum berakhir juga sih ya, dengan statusku sebagai sahabatnya dia aku ngedengerin dengan detail cerita-cerita mereka. harapan-harapan mereka. bahkan kalo dia cerita itu bisa bener-bener berekspresi, waw, she's just the luckiest person ever who can draw a bright smile in his poker face.
"terlalu banyak luka sampai aku jadi terlalu terbiasa." - aretha, venus. a poem.
aku bahkan bisa nganggep itu semua ironis. lucu.

waktu aku nggak sengaja ketemu dia di bandung, ortu kita ngobrol, cuma bentar sih, tapi bisa ketemu di sekian banyak distro di bandung itu bener-bener uwaw. terus malemnya dia di Dago Pakar dan cerita gimana dia berharap Ice ada disitu bareng dia. ngeliat pemandangan kota Bandung pas malem yang emang stunning banget itu.
waktu ortunya Ice suayang polpolan sama dia sampe dibeliin ini itu, sementara ortunya dia malah sayang banget sama aku.
waktu dia bilang kalo dari nasehat ketiga sahabat ceweknya soal Ice, yang paling diinget nasehat-nasehatku, gimana dia nyaris cerita apapun yang dia alamin sama Ice.
dan seterusnya.

tapi aku udah nggak bisa senyum pahit lagi waktu keadaan berubah.
Ice berubah. dia terpuruk. dan nggak ada yang lebih bingung lagi selain aku.
dan itu mendekati unas ya Allah, Ice suka sama orang yang lagi suka sama aku --" kalo aku masih tetep nyimpen ironi yang sama aku udah ngakak kali ya, tapi nggak bisa, aku bener-bener khawatir sama mereka berdua, well, khawatir sama dia. cuma aku bisa apa? aku juga punya banyak banget masalah waktu itu.
singkatnya, hal itu kejadian lagi. nilainya turun. lagi-lagi soal cewek. lagi-lagi waktu deket unas.

tapi toh dia tetep luar biasa, tetep aja dia keterima di smala, aksel pula. dan, mereka tetep barengan juga tuh. sampe hari itu, lagi.
kita nonton solstice bareng sama 3-4 anak lain, dan hari itu juga aku nemuin fakta itu, hal yang bener-bener bikin aku kaget. hal yang, yah, agak jahat untuk seorang Ice. hal yang bikin mereka bener-bener udahan, walaupun aku tau gimana sayangnya dia sama Ice. he was broken hearted, but i was died seeing him in that condition.

tapi begitu masuk sma, aku mutusin untuk nggak peduli sama urusan mereka berdua. sebodo amat deh mau balikan, putus, apalah terserah. toh dia juga udah nggakpernah cerita-cerita lagi. sampai waktu ada orang yang ngedeketin aku. orang yang juga luar biasa dengan caranya. --sayangnya kita udah nggak bisa sahabatan lagi begitu semuanya berakhir haha, semoga kamu baik-baik aja ya :)-- dan aku juga hmm, suka sama dia. sama selera musiknya, sama kedewasaannya, sama surprise nya, sama caranya dia berusaha bikin aku ketawa, sama kekhawatirannya soal aku, sama perhatian setengah cueknya, intinya, dia beda. dan aku butuh keluar dari permasalahan ini, aku harus ngelanjutin hidupku, aku nggak mungkin nyimpen harapan bego ini terus terusan (pikirku waktu itu).

tapi dia nggak begitu suka. well, mungkin sahabatan bertahun-tahun sama aku bikin dia menyadari 'hal itu' kali ya, whatever, intinya dia nggak bisa bener-bener ikhlas kalo aku tertarik sama orang lain. "dia egois. dia plinplan. dia itu jahat non." itu yang selalu 2 sahabatku bilang tentang dia. bahkan ada yang pernah bilang dia licik karena dia somehow selalu ngerusak hubunganku sama orang lain. tiap aku berusaha move on, he comes back, dia bahkan pernah bilang kalo dia nggak mau aku ngehilangin perasaan itu. apa coba maksudnya.

waktu aku ke amerika 2 minggu *makanya aku ngga bisa liat rendezvous padahal dia udah beliin tiket hiks* dua orang itu yang paling kangen sama aku, and honestly those two are who i miss the most. both of them. tadinya kukira gitu, tapi ternyata sesudah nonton sherlock holmes dan princess and the frog yang super awkward, plus status ym yang kukira mean something *sejak saat itu aku belajar buat nggak pernah kegeeran sama apapun* tetep dia yang ada di posisi pertama. selalu. dan aku. benci. itu.

because you know whaaaat?
besoknya dia nonton sama Ice. dan cerita how deep the feeling he has. how great seeing her again. and so on. and so on.

and at that time i said, enough. juga ngepost satu note di fb yaaang ternyata dia baca --" *hebatnya taunya dari si mantan yang aku omongin di awal tadi lho ckckck, novel sekali hidupkuuu

hari ini adalah hari dimana aku menyerah kalah.
tidak, tidak, bukan menyerah,
hanya tersadarkan.
bahwa ..
terlalu banyak waktu yang terbuang untukku menunggu dalam kesia-siaan.
terlalu besar energi yang terkuras untukku berusaha melawan, membunuh, hingga akhirnya menyerah dan memutuskan untuk tunduk pada perasaan itu.
terlalu jauh jarak yang kutempuh untuk menuju satu tempat yang kutahu akan membuatku berakhir dalam kebinasaan
mungkin kata kebinasaan terlalu kasar, tapi, ya, hanya itu yang bisa menggambarkan keadaan.
jarak yang kutempuh hanya agar aku bisa bertahan, berjalan, bersama seseorang menuju tempat yang baginya, satu kebahagiaan ..
seseorang yang sangat bergantung padaku ..
seseorang yang akan segera lari padaku jika ia menghadapi masalah ..
seseorang yang mencintai gadis lain dengan begitu dalamnya ..
begitu sempurnanya gadis lain itu hingga aku bahkan tidak punya waktu untuk merasa cemburu.
karena,
aku menyayanginya tidak untuk memilikinya ..
aku menyayanginya untuk melihatnya berbahagia ..
aku menyayanginya tidak untuk berharap aku menjadi satu-satunya di hatinya ..
aku menyayanginya untuk membuatnya tahu, kapanpun, bagaimanapun, aku akan tetap ada untuknya, menemaninya ..
dan disitulah letak kebodohanku!
sayang itu berubah menjadi cinta, ketika ia dekat
sayang itu berubah menjadi cinta ketika gadis lain itu meninggalkannya
sayang itu berubah menjadi cinta ketika titik titik harapan mulai muncul
cinta yang sedikit lebih egois, menodai keikhlasanku di perasaan sayangku yang dulu
cinta yang rumit dan membingungkan
cinta yang tidak akan pernah bisa kupahami
mengapa ada, mengapa muncul, dan mengapa cinta itu tidak pergi-pergi?
aku tahu cinta ada untuk diterima, bukan untuk dimaknai
dan aku panik, sungguh aku tidak menginginkan cinta itu, aku berontak, berusaha keras untuk lepas.
aku ingin menyayanginya seperti dulu, tanpa pamrih!
tak kusadari kebodohanku itu, juga menjadikan ia terjebak dalam kebodohan pula.
ya, kebimbangan.
aku merasakannya, kebimbangan itu, kebimbangan yang menyakitkan itu
karena kebimbangan itu menggiringku di satu posisi yang sangat tak kuinginkan: menjadi pilihan
aku tahu, apapun itu, bagaimanapun keadaan yang ada, dia akan lebih memilihnya daripada aku.
itu adalah kenyataan, seperti bumi mengelilingi matahari.
mutlak. tidak bisa diganggu gugat.
dan melihatnya ragu seperti ini, sangat membuatku tersiksa ..
di satu sisi, bohong kalau aku tidak senang, meski aku benci.
pada perhatiannya, pada caranya memanggilku, pada senyumannya, pada cerita-cerita kami.
aku benci karena ia membuatku senang luarbiasa akan adanya harapan pada satu perasaan yang sangat salah ini ..
di sisi lain aku menangis.
aku menangis melihat persahabatan kami yang luluh, hancur, rusak berantakan.
karena awal dan inti persahabatan kami adalah saling bercerita tanpa batas ..
dan kini cerita itu harus dibatasi
cerita tentang orang lain yang maha sempurna itu, yang dipujanya sekian lama itu, seakan enggan dibuka
kenapa?
takut menyakiti perasaanku ..
demi Tuhan! tidakkah ia tahu justru itu menyiksaku?
aku merasa tidak berharga lagi sebagai seorang sahabat
aku merasa kehilangan fungsi, aku merasa akulah yang salah, perasaan ini yang salah, dan perasaan itu milikku.
lalu akhirnya, gadis lain yang selama beberapa satuan waktu tidak pernah lagi melirik orang yang kusayangi itu, terbuka hatinya
gadis itu kembali
kembali
aku mengeja dalam hati, gadis itu kembali
sakitkah aku? mungkin
karena semua harapan, semua kebersamaan kami, menghilang seketika
aku sadar, teramat sadar akan resiko mencintainya. karena itu dulu aku memilih untuk hanya menyayanginya saja, namun ketika cinta itu datang, aku bisa apa?
aku hanya bisa mempersiapkan hatiku untuk hari dimana segalanya akan berubah, ketika gadis itu kembali
dan aku benar, maka tak sesakit itu rasanya, seperti kubilang, aku telah terlalu siap.
meski rasa sakit itu masih menyelinap, tetapi hatiku yang paling jujur berkata, aku bahagia
aku bahagia melihat ia bahagia
aku bahagia melihat mereka berdua bahagia
sekaligus menangis karena satu suara lirih di hatiku berkata, "pergilah dari kehidupannya. tugas-tugasmu sudah selesai. sudah benar-benar selesai."
ya, aku bahagia melihat kenyataan gadis itu, entah, cemburu? karena itu berarti ia masih menyimpan rasa
dan rasa itu adalah kunci harapan, kunci kebahagiaan seseorang yang kusayangi sepenuh hati itu
aku bahagia karena aku telah berhasil menyelesaikan tugasku dengan baik
sebagai orang yang selalu mendukungnya, menyemangatinya,
dia pernah berkata, "tugas seorang sahabat itu tidak pernah ada batas akhirnya."
ya, benar.
namun jika aku tetap disini, mungkin aku akan membawanya ke kebimbangan lagi. ke keraguan lagi.
tidak.
mereka bahagia, mereka sempurna dalam kegenapan mereka.
genap, ya, tanpa ada orang lain lagi.
mungkin mereka masih dalam masa kerapuhan, tetapi aku yakin mereka akan mampu melewatinya.
mungkin seseorang yang kusayang itu akan marah, kecewa, dan menganggap kepergianku itu sesuatu yang tak termaafkan.
tak apa.
dia akan melewatinya, dan kembali berbahagia.
dan aku yakin Tuhan Maha Adil, ia akan memberiku kebahagiaan juga suatu saat nanti.
hanya saja, mungkin sekarang belum.

.. mungkin sekarang belum :)

(gila udah sepanjang ini dan ini bahkan masih awal-awal, ckck)
.. to be continued aja deh :D

udahan dulu ah. udah malem. udah capek ngetik pula. cerita lanjutannya besok besok yaa.
ciao!

1 comments:

Anindya Moeljosentono said...

Venuus, postingan ini sesuatu bangeet >_<

I have ever felt that way once. And after I read your story it reminds me about my own story, my unforgettable past..

Ini kayaknya postingan lama banget ya, apakah ada kelanjutannya? Nice to know you by your blog ;)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...